loading...

MASYAALLAH INILAH GAMBARAN KETAMPANAN NABI YUSUF AS


Nabi Yusuf alaihissalam digambarkan sebagai sosok Nabi yang paling tampan. Menurut ulama, Nabi Yusuf dengan cara spesial mempunyai setengah ketampanan semua manusia. Sementara setengah ketampanan sisanya, terbagi pada semua manusia yang lain. Ketampanannya juga dimaksud jadi penyebabnya dirinya di penjara oleh pemerintah Mesir.

Beberapa pejabat negeri itu tak dapat menahan kendali beberapa istrinya yang demikian jatuh hati pada Yusuf. Mereka berasumsi Yusuf bukanlah manusia biasa, tetapi jelmaan Malaikat. Bahkan juga istri perdana menteri Mesir saat itu, Zulaikah, demikian tergila-gila padanya serta coba merayunya. Hingga untuk meredam hal semacam itu, mereka memenjarakan anak dari Nabi Yakub itu sampai bertahun-tahun.
Bagaimana sesungguhnya ketampanan Nabi Yusuf hingga Ia demikian menyebabkan huru-hara di kelompok wanita? Hal semacam ini pasti menyebabkan beberapa pertanyaan manusia sekarang ini mengenai sosoknya yang dinilai paling tampan. Sebagian ayat Al-Qur’an serta hadist memberi deskripsi mengenai bagaimana ketampanan Nabi Yusuf.

Zulaikah yang demikian tergila-gila dengan Nabi Yusuf lalu disalahkan oleh beberapa wanita lantaran menyukai pria yang bukanlah suaminya. Ia lalu mengundang beberapa wanita itu ke tempat tinggalnya untuk dijamu buah-buahan komplit dengan pisau untuk mengupasnya.

Kemudian, Nabi Yusuf diminta untuk jalan ditengah-tengah beberapa wanita yang tengah mengupas buah itu. Alhasil mereka bukanlah mengupas buah, tetapi tak sadar melukai tangannya lantaran kagum dengan ketampanan nabi ini. Hal semacam ini diterangkan dalam Al-qur’an surat Yusuf : 31 yang berarti :

“Tatkala wanita-wanita itu memandangnya, mereka mengagumi akan dengan keelokan berwajah, serta mereka melukai (jari) tangannya serta berkata : “Maha prima Allah, ini tidaklah manusia. Sebenarnya ini tak lain hanya malaikat yang mulia. ” (QS. Yusuf : 31).

Berikut yang lalu membuatnya dipenjara oleh pemerintah Mesir. Psalnya berita itu sudah jadi pembicaraan serta pemerintah terasa kewibawaannnya dipertaruhkan. Pada akhirnya pemerintah menangkap Nabi Yusuf as serta memasukkannya kedalam penjara.

Nabi Muhammad SAW juga melukiskan bagaimana


ketampanan Nabi Yusuf. Hal semacam ini berlangsung waktu baginda Rasulullah dijemput malaikat Jibril waktu melakukan Isra’Mi’raj untuk menjemput perintah shalat. Waktu itu Rasulullah berjumpa dengan Nabi Yusuf AS waktu ada di langit ketiga. Komentar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam saat ketemu beliau,

Di sana saya berjumpa Yusuf alaihis shalatu was salam, nyatanya beliau di beri setengah ketampanan. (HR. Muslim 429).

Ibnul Qoyim menerangkan arti hadis, kalau bisa dipahami dari hadis kalau Yusuf ‘alaihis salam dengan cara spesial mempunyai setengah ketampanan semuanya manusia. Sesaat setengah setampanan bekasnya terdiri pada semuanya manusia yang lain. (Badai al-Fawaid, 3/723)

Nabi Yusuf as (sekitaran 1745-1635) yaitu Nabi yang diutus sesudah Nabi Ya’qub as. Beliau yaitu anak ke tujuh dari dua belas putera puteri Nabi Ya’qub as. Nabi Yusuf as adalah cucu dari Nabi Ishaq as.

Kehidupan Nabi Yusuf as diwarnai oleh sukai serta duka. Beberapa orang jahat yang ada di sekitarnya bahkan juga saudaranya sendiri. Mereka merencanakan untuk membunuh Nabi Yusuf lantaran perasaan iri. Gagasan itu mereka kerjakan saat Nabi Yusuf as masihlah kecil, saudara-saudara Nabi Yusuf memasukkannya kedalam satu sumur.

Tetapi, nasib baik masih hampiri NabiYusuf as. Sesudah ia diketemukan oleh seorang serta mengeluarkannya dari sumur serta menjualnya ke pasar. Nabi Yusuf dibeli dengan harga yang begitu murah saat itu. Cobaan lain di hadapi saat mesti hindari rayuan dari Zulaikah yang disebut isteri seseorang pria yang memiliki jabatan utama saat itu. Fitnah yang dilancarkan Zulaikah membuatnya mesti mendekam didalam penjara.

Saat di penjara, beliau dapat mentakwilkan mimpi sang raja yang membuatnya sukses dibebaskan. Bahakan sesudah keluar dari penjara, dirinya malah jadi menteri dari raja yang pertama.

Sesudah sekian waktu, pada akhirnya Nabi Yusuf as bisa berjumpa kembali dengan semua keluarganya, termasik dengan ayahnya. Lalu, Ia mengawali kesibukan dakwahnya di jalan Allah Yang Maha Esa dari panggung kekuasaan. Ia melakukan rencana Allah serta menunaikan perintah-Nya.

Tersebut sepintas tentang Biografi Nabi Yusuf as yang mempunyai ketampanan yg tidak dipunyai manusia sekarang ini. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna serta memberi pengetahuan pembaca tentang cerita serta biografi para Nabi. Terimakasih sudah membaca.
sumber: yesmuslim