loading...

Kecapi, Tanaman yang Sukar dijumpai ini ternyata Penuh Manfaat Bagi Kesehatan


Kecapi merupakan suatu tanaman yang pohon dan buahnya hampir mirip dengan buah duku. Namun untuk ukuran buahnya, buah kecapi memiliki ukurang yang lebih besar. Buah kecapi biasanya dimakan sebagai buah yang segar, namun bisa juga diolah menjadi jeli, manisan dan pengharum alami di makanan. Buah Kecapi ini disebut juga buah sentul, karena buah ini berasal dari Semenanjung Malaka yang kemudian menyebar termasuk ke Indonesia.


Semakin hari, buah ini sulit di dapat karena termasuk deretan buah yang langka, buah kecapi ini memiliki kulit yang keras sehingga untuk menikmati daging buahnya diperlukan usaha yang keras. Saking kerasnya, terkadang buah ini harus di jepitkan antara pintu atau membantingnya agar kulitnya bisa pecah, namun dengan usaha yang keras tersebut, banyak manfaat yang bisa kita dapat dari buah kecapi ini, tidak hanya pada buahnya, seluruh bagian dari kecapi mulai daun, akar, pohon dan daunnya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

1. Buah

Buah Kecapi kaya akan zat polifenol yang dapat berfungsi untuk mengurangi akan resiko penderita jantung dan kanker. Selain itu juga bisa dipergunakan sebagai pencegah Alzheimer atau kepikunan dini.

2. Pohon

Serbuk dari kulit batang pohon buah kecapi bermanfaat untuk mengobati cacingan. Kayu pohonnya termasuk dalam jenis kayu keras sehingga dapat dipergunakan untuk bahan bangunan maupun mebel serta bahan perabotan rumah tangga.

3. Akar

Akar pohon buah kecapi bisa digunakan untuk obat diare, sakit perut, meredakan perut kejang serta membantu mengeluarkan angin dalam perut. Selain itu juga bisa dipergunakan sebagai pengembali stamina bagi wanita setelah melahirkan.

4. Daun

Daun yang masih segar dapat dipergunakan untuk peluruh biang keringat. Caranya hanya dengan digosokkan pada kulit setiap hari sampai biang keringat hilang, rebusan daun kecapi juga bermanfaat untuk obat pereda demam.

Sumber : http://opkit.blogspot.co.id/2015/09/kecapi-tanaman-langka-yang-penuh.html 

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x