loading...

Astaghfirullah!! Berbahaya! Stop Mengoles Lipstik Pakai Tangan...



Tolong Bantu Share - Terkadang ketika kita buru-buru dan tak punya banyak waktu untuk dandan, cara satu-satunya agar make up cepat selesai adalah dengan bantuan tangan. Salah satunya yang sering dilakukan banyak wanita adalah mengoles dan merapikan lipstik dengan tangan.

Meski tampaknya sepele, namun ternyata kebiasaan ini tak baik lho. Mengoles lipstik, lipgloss, atau lipbalm dengan tangan berisiko menyebarkan penyakit melalui mulut. Tak ada yang tahu bakteri, virus, dan mikroorganisme apa saja yang menempel di tanganmu.

Semua mikroorganisme ini bisa menyebabkan penyakit tanpa kamu sadari dan masuk melalui mulut lewat lipbalm atau lipstik yang kamu oleskan di bibir. Tak masalah jika kamu selalu ingat untuk mencuci tangan sebelum mengoleskan lipbalm atau lipstik ke bibir, tapi bagaimana jika kamu tak terbiasa mencuci tangan sebelum mengoles di bibir?

Elaine Larson, PhD, peneliti sekaligus profesor penyakit infeksi di Columbia University mengatakan, bahwa meskipun lipbalm memiliki kandungan antigen yang mencegah pertumbuhan bakteri, namun hal ini tak mencegah kemungkinan berkembangnya bakteri di jarimu.

Hal buruk yang bisa terjadi adalah ketika kamu tanpa sengaja baru saja memegang gagang pintu toilet atau sebagainya yang berpotensi memiliki banyak bakteri kemudian tangan menyentuh bibir, tak bisa bayangkan betapa joroknya kan?

Jadi, selama lipbalm atau lipstik bisa dioleskan dengan baik tanpa tangan, hindari sebisa mungkin ya ladies, bahkan jika kamu sibuk dan buru-buru. Tak ingin tiba-tiba sakit perut kan?