loading...

WOW.. HEBAT!!! Dasyatnya Buah, Batang,Daun,Biji,Akar dan Bunga Sirsak Dapat Mengobati Berbagai Macam Jenis Penyakit.. Bantu Share..

Di Negara Indonesia, sirsak adalah tanaman yang sudah di kenal luas oleh  masyarakat mulai sejak ratusan tahun yang lalu. Masyarakat telah mengerti sirsak adalah sebagai tanaman buah-buahan yang dipakai buahnya untuk di konsumsi karena rasanya yang sangat enak. Dengan cara komersial sirsak telah diolah menjadi panganan diantaranya menjadi produk sari buah,  produk jus, produk sirup, produk selai, produk dodol dan lain-lainnya. Buah sirsak mudah kita temukan, baik di pasar tradisional maopun di pasar swalayan modern. Namun buah sirsak ini lebih di kenal oleh masarakat kalangan penduduk golongan ekonomi kelas rendah. Nasibnya juga tak sebaik buah durian atau buah lain yang dihargai relatif cukup mahal. Walaupun demikian, buah sirsak ini banyak memgadung zat -zat atau senyawa yang bisa berikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh penyembuhan penyakit pda tubuh manusia.





Sudah mulai sejak lama sirsak digunakan juga sebagai tumbuhan obat baik di Indonesia ataupun di beberapa negara. Tumbuhan ini bisa dipakai sebagai obat untuk mengobati berbagai penyakit. Mulai dari penyakit yang enteng seperti gatal-gatal pada kulit hingga penyakit berat seperti tumor dan kanker. Sebagai obat yang terbuat berbahan tumbuhan, pasti akan lebih aman apabila dikonsumsi. Sisi tumbuhan sirsak yang dapat digunakan sebagai obat yakni : buah, daun, akar, biji, bunga, dan kulit batang. Hampir semuanya segi dari tumbuhan sirsak dapat dipakai sebagai bahan obat. Setiap sisi pohon memiliki faedah yang berbeda, tergantung senyawa yang dipunyainya. Penentuan sisi yang mana dari tanaman sirsak yang bakal dipakai, pastinya sesuai dengan type penyakit yang diderita.



Senyawa utama yang dipunyai tanaman sirsak yakni senyawa sitotoksik yaitu acetogenins. Senyawa acetogenins yaitu senyawa bioaktif yang bertindak sebagai senyawa sitotoksik di dalam badan manusia. Senyawa acetogenins yang dipunyai sirsak bisa hentikan perkembangan sel kanker dan membunuhnya lewat cara selektif. Acetogenins cuma bekerja pada sebagian sel yang tumbuh sangat berlebih seperti kanker atau tumor. Sebagian sel lain yang tumbuh normal tak dipengaruhinya. Senyawa acetogenins dari sirsak diklaim 10. 000 kali lebih kuat daripada metoda kemotherapy yang memakai zat kimia.



Kegunaan dan Manfaat Buah Sirsak



Buah sirsak terdiri ari 67% daging buah. Daging buah yaitu bagiam buah yang bisa dikonsumsi. Dua puluh persen dari keseluruhnya berat buah yakni sisi kulit, 8, 5% biji dan 4, 5% bagian tengah buah. Bagian terbesar dari buah yakni kandungan air yang meraih 82% dari semua sisi daging buah. Kandungan Karbohidrat seputar 16% yang terbagi dalam glukosa dan fruktosa. Buah sirsak juga memiliki kandungan zat besi, fosfor, dan kalsium. Sedang vitamin yang terkandung yakni vitamin A, B1, B2 dan C. Vitamin paling dominan yaitu vitamin C. Vitamin C dalam sirsak berperan sebagai anti-oksidan yang bertindak untuk peningkat ketahanan badan. Telah di ketahui kalau vitamin C bisa memperlambat system penuaan, jadi awet muda. Senyawa-senyawa fitokimia yang ada dalam buah sirsak salah satunya, annonain, acetaldehyde, muricine, muricinine, tannin, ananol, anomurine.



Buah sirsak mengadung serat yang tinggi. Serat sangat baik untuk membantu psoses pencernaan. Serat ini bisa menghalangi munculnya penyakit-penyakit dalam usus atau saluran pencernaan. Dengan berbagai kandungan yang dipunyainya buah sirsak dinyakini bisa

menyembuhkan penyakit, disentri, osteoporosis, asam urat, demam, diabetes dan batu empedu.


Kegunaan dan Manfaat Daun Sirsak



Daun sirsak memilki lebar 3 -7 cm dan panjang pada 6 – 18 cm. Daun yang tua berwana hijau tua dan yang muda berwarna hijau kekuningan. Seperti juga buahnya, daun sirsak memiliki kandungan berbagai zat aktif yang bermanfaat untuk penyembuhan atau pengobatan bermacam penyakit. Senyawa yang dimilikinya yakni annocatilin, annohexocin, annonacin, annomiricin.



Sudah mulai sejak lama suku asli hutan Amazon, Amerika menggunakan daun sirsak juga sebagai obat untuk mengobati beragam penyakit. Penyakit yang dapat pulih diantaranya : lever (penyakit hati), kejang, batuk, rematik, radang sendi dan rasa nyeri pada sel saraf (neuralgia). Karenanya mereka senyebut pohon sirsak juga sebagai “pohon ajaib”. Dengan cara tradisional daun sirsak digunakan di beberapa negara untuk penyembuhan penyakit yang berbeda.



Kegunaan dan Manfaat Bijih Sirsak



Biji sirsak berupa bulat memanjang sedikit pipih mempunyai ukuran rata-rata 2 x 1 cm dengan warna coklat kehitaman dan berkilap. Satu buah sirsak mengadung pada 20 – 200 biji yang sama-sama berdekatan. Senyawa bioaktif yang ada pada biji sirsak yaitu senyawa alkaloid yang terdiri dari annonaine dan acetogenins. Di Indonesia senyawa bioaktif ini umum dipakai sebagai pestisida nabati.



Biji buah sirsak oleh sebagian orang-orang pemula dimanfaatkan sebagai anticacing (vermifuges) dan untuk membunuh kecoa. Bangsa Brazil menggunakan minyak biji sirsak untuk kepentingan kosmetika. Minyak bertindak sebagai astrigent atau toner pembersih permukaan kulit yang kotor. Suku Amazon menggunakan minyak biji sirsak sebagai obat masuk angin.



Kegunaan dan Manfaat Akar Sirsak



Akar pohon sirsak mempunyai kandungan senyawa aktif annonain, tanin dan alkaloid. Sebagai bahan yang digunakan untuk obat akar pohon sirsak biasanya dikonsumsi berupa teh. Akar ini digunakan sebagai obat penenang, antikejang, antidiabetes, dan turunkan desakan darah. Beberapa orang Amazon menggunakan akar pohon sirsak sebagai panangkal toksin, penghilang kutu, dan antidiabetes. Penggunaan lain dari akar sirsak yakni sebagai toksin pada aktivitas penangkapan ikan, atau sebagai racun yang bisa membunuh larva nyamuk dan nyamuk vektor malaria.



Kegunaan dan Manfaat Kulit Batang Pohon Sirsak



Kulit batang pohon sirsak memiliki kandungan senyawa tanin, fitosterol, caoksalat, murisine, dan alkaloid. Kulit batang umum dikonsumsi setelah di rebus dengan air. Air rebusannya dipakai untuk penyembuhan penyakit asma, batuk, penenang dan hipertensi. Bangsa Haiti menyakini air rebusan kulit batang pohon sirsak bisa memperbaiki sistem kerja jantung. Massyarakat Peru umum menggunakannya juga sebagai obat penyakit kencing manis. Suku Amazon memakai kulit batang sirsak sebagai obat untuk mengobati penyakit diabetes serta sebagai obat antikejang. Orang-orang dari beberapa negara memakainya untuk menghangatkan badan, menyembuhkan flu, serta sebagai antiparasit.



Kegunaan dan Manfaat Bunga Sirsak



Bunga sirsak memiliki tiga daun kelopak berwarna kuning kehijauan yang membuat pada sisi tiga daunya rata-rata memiliki panjang pada 2 – 5 cm. Panjang tangkai bunga sirsak ini seputar 2, 5 – 3.5 cm. Bunga sirsak nampak di sekita bawah pangkal daunnya serta ada pada ranting dan ujung cabang. Tanaman sirsak ini termasuk juga tanaman tunggal atau berrumah satu, serta  tanaman yang mempunyai bunga jantan dan betina. Bunga sirsak umum digunakan oleh sebagiam orang-orang Brazil Benua Amerika untuk penyembuhan berbagai penyakit saluran pernapasan.
CAR,FOREX,SEO,DOMAIN,HOSTING,HEALTH
Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x