loading...

Bolehkah, Memakai Mahar Dari Uang Pinjaman Untuk Menikah? Ini Hukum Dan Penjelasanya Dalam Islam

Menikah masih menjadi tujuan hidup yang utama bagi banyak orang di Indonesia. Ini lantas berpengaruh ke upacara pernikahan itu sendiri, yang kemudian menelan banyak biaya untuk diselenggarakan. Tak jarang, pasangan dan keluarga pasangan bahkan sampai harus menjual segala macam aset untuk mendapatkan uang demi membayar acara tersebut. sebagian lagi memilih mengajukan hutang untuk menikah.


Cukup banyak orang yang melakukan opsi kedua tersebut, dengan alasan bahwa toh, pernikahan ini hanya satu kali saja dan diselenggarakan dalam waktu singkat. Tentunya kenangan yang didapatkan dari acara pernikahan ini akan menjadi memori yang indah bagi semua orang yang terlibat di dalamnya, dan menjadi sesuatu yang akan dibicarakan sampai ke anak cucu.

Tetapi apakah memang seindah itu? Jika untuk menyelenggarakan pernikahan saja Anda dan pasangan harus sampai terlibat dalam hutang pernikahan, maka lihatlah alasan kenapa sebaiknya Anda berdua menundanya dulu, atau mungkin menyelenggarakannya dengan cara yang lebih sederhana:

Memulai kehidupan bersama dengan negatif

Kehidupan pernikahan yang dilandasi dengan hutang memang tidak harus berarti semua aspek pernikahan menjadi negatif, namun ini bisa menjadi tanda bahwa Anda dan pasangan akan mengalami kesulitan keuangan dari awal.

Pikirkan tentang biaya-biaya lain

Anda akan dihadapkan segera pada biaya-biaya lain dalam kehidupan pernikahan, dari urusan membeli mobil, rumah, membiayai pendidikan anak, dll.

Apakah benar-benar jadi memori indah?

Dengan beban hutang dan hukum mahar dari pinjaman duit kontan di sana-sini, apakah pesta pernikahan tersebut benar-benar menjadi memori yang patut untuk dikenang dengan senyuman? Bisa jadi yang terpikirkan
justru tumpukan tagihan dan angsuran yang harus dicicil.

Keharmonisan dengan pasangan terganggu

Urusan keuangan adalah masalah yang sangat sensitif bagi banyak orang, apalagi dengan pasangan. Bahkan bisa dibilang, urusan keuangan menjadi penyebab utama kenapa banyak yang bercerai. Anda tentu tak mau seperti ini, bukan?
Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x