loading...

Baru Punya Baby? Baca Dulu Tips Perawatan Bayi Ini !!!



Tolong Bantu SharePerawatan bayi yang dilakukan secara benar sangatalah penting karena hal ini demi kesehatan dan kenyamanan dari si buah hati. Maka para orang tua khususnya mereka yang baru saja menjadi orang tua patut mendapatakan dan memiliki panduan cara merawat bayi.

Perawatan bayi sebenarnya susah – susah gampang karena semua dilakukan dengan perasaan senang hati dan penuh kasih sayang. Jadi bagi orang tua baru cobalah mencari informasi seputar merawat bayi agar tidak terjadi kesalahan yang dapat mencederai si buah hati.

Jika Anda baru saja menimang seorang anak dan itu adalah anak pertama Anda, pasti Anda dan suami masih sedikit takut dan grogi. Hal ini hampir selalu menjadi masalah yang dialami setiap orang tua muda. Tapi ayah bunda tidak perlu kuatir, coba ikuti saja tips berikut ini. Semoga ayah bunda tidak kesulitan lagi dalam merawat bayi.

1. Perawatan Menggunakan Bedongan Bayi

Setiap bayi baru lahir tentu memiliki kondisi tubuh yang masih sensitif sehingga rentan terkena berbagai penyakit. Salah satu cara aman menjaga kondisi bayi adalah dengan membedongnya. Bedong berfungsi untuk menghangatkan tubuh bayi dari cuaca yang kadang berubah – ubah yakni cuaca dingin dan cuaca panas. Nah, berikut ini ada cara membedong bayi yaitu :
  1. Letakkan kain bedong dalam bentuk seperti berlian dan bagian atasnya di tekuk sedikit sekitar 15 – 20 cm.
  2. Letakkan bayi di atas kain bedong tersebut dan posisikan ujung kain yang telah dilipat sebelumnya sejajar dengan bahu bayi.
  3. Turunkan salah satu tangan bayi sehingga berada di samping tubuhnya.
  4. Tariklah sudut kain bedong yang berada di sisi tangan tersebut untuk menyelimuti tangan dan dada. Lalu selipkan ujung kain ke bawah punggungnya yang berada di sisi tangan satunya.
  5. Kemudian turunkan tangan lainnya yang belum di bedong sehingga berada di samping tubuhnya.
  6. Lakukan hal yang serupa seperti cara no. 4.
  7. Terakhir pelintir atau lipat ujung kain bedong pada bagian bawah, lalu selipkan ke bawah tubuhnya. Namun tetap biarkan dalam keadaan sedikit longgar.

2. Perawatan Mengganti Popok Bayi

Mengganti popok bayi adalah suatu hal yang perlu Anda lakukan secara sabar. Karena bayi yang baru lahir masih sering mengompol dan biasanya bisa sebanyak 8 kali atau lebih. Bayi yang mengompol identik menangis, maka Anda sebagai orang tua harus sigap dan peka jika bayi menangis biasanya karena mengompol. Maka perawatan bayi ini Anda harus segera mungkin menggantikan popoknya. Sebab si anak akan merasa risih dan tidak nyaman jika dalam keadaan basah.

3. Perawatan Memandikan Bayi Baru lahir

Berhati – hatilah saat ingin memandikan bayi Anda. Karena tulang leher dan tulang bagian tubuh lain milik bayi masih sangat lunak sehingga bayi pun belum mampu untuk mengakat kepalanya sendiri. Maka untuk ayah bunda jika ingin memandikan bayi coba tanyakan kepada orang tua Anda atau orang lainn yang lebih berpengalaman. Namun biasanya cara memandikan bayi adalah dengan membalikan badan bayi.

Demikianlah tips perawatan bayi yang baru lahir yang aman. Cara ini dapat diterapakan kepada bayi Anda sehingga Anda tidak salah menangani si kecil. Jagalah dan berhati – hatilah ketika merawat si buah hati yang masih bayi karena mereka sangat rentan terhadap berbagai hal.



sumber : bayimami.com