loading...

Ternyata Uang Bergambar Sukarno Ini Bisa Munculkan Tulisan 'Kun Fayakun'



Tolong Bantu ShareKoleksi unik itu berupa uang kertas bergambar Presiden Republik Indonesia Sukarno keluaran tahun 1960-an. Jika diterangi dengan sinar ultra violet di ruang gelap, maka akan muncul tulisan Al Quran dengan lafaz kun fayakun di bagian atasnya.


Yanuar menuturkan, uang itu ia peroleh ketika ia masih muda. Awalnya Yanuar tidak mengetahui bahwa uang yang ia koleksi itu bisa muncul tulisan kun fayakun.

Ia mengetahuinya secara tidak sengaja saat mencoba menyinari uang dalam jumlah cukup banyak itu dengan senter ultraviolet yang biasa digunakan untuk mengecek uang palsu.


Tidak hanya tulisan kun fayakun, di empat sudut uang kertas berwarna hijau tersebut ada juga tulisan Allah.Selain uang bertuliskan huruf Arab tersebut, ada pula koleksi unik lain, yaitu uang kertas yang dapat melengkung sendiri saat diletakkan di telapak tangan. Uang itu juga bergambar Sukarno.

Koleksi Yanuar tidak hanya uang bergambar Sang Proklamator. Berbagai uang cetakan lama, baik cetakan dari Indonesia maupun dari sejumlah negara lain, juga ia koleksi. Uang-uang itu ia susun rapi di dalam bingkai.



sumber : forum.mmerdeka.com