loading...

Ketika Ragu dalam Solat Sudah Rakaat Berapa, Inilah yang Harus Dilakukan



Tolong Bantu ShareKeraguan kadang menimpa orang yang sedang salat. Keraguan yang membuatnya galau, sudah di rakaat berapa ia. Lalu apa yang harus dilakukan jika sedang solat ragu, misalnya telah salat tiga rakaat atau empat rakaat?

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz dalam kitaabnya Tuhafatul Ikhwan bi Ajwibatin Muhammatain Tata’allaqu bi arkanil Islam yang diterjemahkan menjadi Tanya Jawab tentang Rukun Islam membahas masalah ini.

Syaikh Bin Baz berkata, yang wajib bagi orang tersebut adalah meyakinkan jumlah yang lebih kecil. Jadi dalam kasus ini, ia meyakinkan bahwa sudah 3 rakaat. Setelah rakat empat ia sujud sahwi (sujud karena lupa) lalu salam. Dalilny adalah sabda Rasulullah SAW.

“Jika seseorang dari kalian rau dalam salatnya, lalu ia tidak tahu berapa yang telah ia kerjakan tiga atau empat rakaat, maka hendaklah ia membuang keraguan dan membangun atas apa yang ia yakini, kemudian hendaklah ia sujud dua kali sebelum salam. Jika ternyata ia salat lima rakaat, kedua sujud itu menggenapkan salatnya. Dan jika ia salat sempurna (4 rakaat), maka kedua sujud itu merupakan kemenangannya atas Syetan. (Hadis dikeluarkan Muslim dalam shahihnya)

Adapun bila memilih yakin terhadap satu diantara dua kemungkinan tadi dan memilih mana yang ia yakin, maka setelah salam ia sujud sahwi dua kali.



sumber : tribunnews.com
Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x