loading...

Inilah Beberapa Macam Penyebab Penyakit Liver yang Paling Sering Terjadi



Tolong Bantu ShareMenurut segi ilmu kedokteran, banyak sekali hal yang dapat menjadi penyebab penyakit liver. Pandangan masyarakat mengenai penyakit liver sendiri masih merupakan suatu penyakit yang sulit disembuhkan, berbahaya, disebabkan karena kecapaian, disebabkan pola makan yang salah, penggunaan obat yang berlebihan dan sebagainya. Penyakit liver juga identik dengan istilah penyakit kuning. Namun apakah semua pernyataan di atas merupakan fakta atau mitos belaka?

Beberapa Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Penyakit Liver

Banyak sekali hal yang dapat menjadi penyebab penyakit liver. Pengetahuan yang berkembang di masyarakat yang masih sedikit menyebabkan terjadinya mitos tentang penyebab sakit liver ini. Beberapa mitos tidak sepenuhnya salah, namun perlu diluruskan supaya lebih jelas. Penyebab sakit liver sendiri ada banyak sekali, namun disini kita hanya akan membahas beberapa hal yang paling sering menjadi penyebabnya.

Mitosnya adalah..

Pola makan yang salah dapat menjadi penyebab penyakit liver. Pernyataan ini dapat dibilang benar dan tidak benar tergantung jenis makanan yang Anda makan. Jenis makanan penyebab penyakit liver adalah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Kebiasaan konsumsi makanan tinggi lemak dapat menyebabkan perlemakan pada hati atau nama lainnya fatty liver.

Kurang istirahat, aktivitas fisik yang terlalu berat hingga kecapaian dan kurang tidur dapat merupakan penyebab penyakit liver. Pernyataan tersebut merupakan suatu hal yang kurang tepat. Kondisi kurang istirahat memang tidak baik bagi tubuh, namun hal itu tidak akan langsung menyebabkan penyakit liver. Secara umum, kurang istirahat dapat menyebabkan tubuh dalam kondisi tidak fit dan ini dapat meningkatkan risiko Anda terkena berbagai macam penyakit.

Makan obat terlalu banyak dan lama, apalagi obat seumur hidup dapat menjadi penyebab penyakit liver. Pernyataan ini tepat, namun pemakaian obat yang terlalu lama tidak selalu menyebabkan penyakit liver. Secara ilmu pengobatan, pengolahan zat obat terjadi di 2 tempat di dalam tubuh, yaitu di ginjal dan di liver. Jadi, obat yang diolah di ginjal tidak akan menyebabkan penyakit liver. Selain itu, obat yang diberikan dokter tetap harus Anda makan karena dokter sudah mempunyai pertimbangan mana obat yang perlu diberikan dan mana yang dapat mengancam kesehatan liver Anda.

Kebiasaan mengkonsumsi parasetamol adalah penyebab penyakit liver. Parasetamol memang merupakan obat yang di metabolisme di liver. Namun keseringan makan obat yang mengandung parasetamol ternyata tidak menjadi penyebab penyakit liver. Namun, makan obat parasetamol dalam jumlah yang besar sekali makan lah yang akan menyebabkan penyakit liver. Maka, selalu ikut petunjuk penggunaan obat yang tertera di bungkus obat. Jadi sekarang Anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi obat ini bila perlu dalam batas dosis yang aman.

Penyebab Penyakit Liver yang Sebenarnya

Infeksi

Infeksi merupakann peringkat pertama penyebab penyakit liver. Virus menjadi mikroorganisme nomor 1 yang menjadi penyebab penyakit liver. Virus hepatitis ada 5 macam yaitu Hepatitis A, B, C, D dan E. Dari antara 5 jenis tersebut, virus Hepatitis A, B dan C lah yang banyak beredar di masyarakat Indonesia.

Hepatitis A merupakan virus yang penularannya didapatkan melalui makanan. Jadi, untuk mencegah penyakit hepatitis A, hindari pembelian makanan di yang tidak bersih, terutama di daerah yang sedang mewabah. Angka kesembuhan penyakit hepatitis A termasuk baik; meski memberikan gejala kuning yang mengkhawatirkan, ternyata 99% penyakit hepatits A dapat sembuh sempurna. Virus ini menjadi penyebab penyakit kuning yang tersering di Indonesia, terutama bila sedang mewabah di sutu daerah.

Hepatitis B dan C dapat menginfeksi manusia melalui darah dan cairan tubuh. Penggunaan obat terlarang dengan jarum suntik dan perilaku s3ksu4l yang tidak aman dapat menjadi kegiatan penularan virus ini. Infeksi liver karena salah satu dari 2 macam virus tersebut merupakan suatu kondisi yang merepotkan karena 2 jenis virus ini jarang memberikan gejala kuning bagi penderitanya. Pengobatan penyakit ini pun harus dilakukan dalam jangka panjang yang lama. Infeksi virus Hepatitis B atau C yang tidak ditangani dapat menyebabkan sirosis atau keadaan penyakit liver stadium akhir.


Alkohol

Kebiasaan meminum alkohol dapat membuat hati menjadi berlemak atau disebut dengan perlemakan hati. Penyebab penyakit liver yang satu ini akan menimbulkan penyakit liver yang terjadi secara mendadak atau akut. Namun karena kebiasaan mengkonsumsi alkohol di Indonesia masih lumayan jarang, maka alkohol bukanlah permasalaha utama penyebab penyakit liver di Indonesia.


Obat-obatan

Konsumsi jenis obat tertentu dapat menjadi penyebab penyakit liver. Beberapa contoh obat-obatan yang dapat mencetuskan penyakit liver adalah obat untuk penyakit TBC, antiobiotik yang mengandung sulfonamide dan obat anti kejang yang mengandung fenitioin. Bila Anda menderita salah satu dari penyakit yang butuh pengobatan di atas, konsultasikan kondisi kesehatan Anda dan waspadai bila suatu saat Anda mengalami mual muntah dan kulit kekuningan.


Penyakit Batu Empedu

Batu empedu yang tertimbun di dalam kantung empedu dan di saluran pengeluarannya ternyata dapat menjadi penyebab penyakit kuning. Batu ini dapat menjadi sumbatan saluran pengeluaran empedu sehingga empedu tidak dapat dibuang ke dalam usus. Cairan empedu ini dapat naik ke liver dan menyebabkan kerusakan pada organ tersebut. Empedu yang sulit dibuang ke usus juga akan menyebabkan kulit terwarna menjadi kuning. Jadi, bila Anda mempunya batu di kantung atau saluran empedu Anda segera konsultasikan keadaan ini kepada dokter.


Pengobatan Penyakit Liver Sangatlah Penting

Komplikasi terberat dari penyakit liver ialah terjadi sirosis atau pengerasan liver dan kanker liver. Ya, penyakit liver yang tidak diobati dapat menuntun kita mendapatkan dua penyakit berbahaya di atas. Maka, sangat penting untuk mengobati diri Anda bila Anda mempunyai kondisi penyakit liver.
Cara mengobati penyakit liver tergantung dari penyebab penyakit livernya. Penyakit liver karena infeksi dapat diobati dengan obat-obatan antivirus. Mengobati penyakit liver karena infeksi terutama sangat penting bila penyebabnya adalah virus hepatitis B dan C. Penyakit liver karena alkohol dan obat pengobatannya ialah menghentikan konsumsi alkohol dan obat serta memeriksakan diri Anda ke dokter. Dan bila Anda mempunyai kondisi batu empedu, segera konsultasi ke dokter agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut.

Di atas sudah dibahas beberapa penyebab tersering penyakit liver. Sebenarnya ada juga faktor genetik dan kelainan bawaan yang menjadi penyebab penyakit liver dan penyebab penyakit kuning. Dikarenakan fungsi liver yang penting bagi tubuh kita, kesehatan organ ini harus selalu kita jaga. Menjaga organ ini tidaklah sesulit yang dikira, cukup makan sehat yang rendah lemak, jangan biasaka minum alkohol dan usahakan tidak mengkonsumsi obat-obatan yang belum jelas efeknya dan tidak diperlukan. Seseorang juga harus hidup dengan bersih dengan tidak menikmati obat-obatan terlarang terutama yang disuntik serta memiliki perilaku s3ksu4l yang sehat. Karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, mari kita jaga kesehatan liver kita.



sumber : catatanherbalsehat.blogspot.co.id