loading...

TAHUKAH ANDA APA PENYEBAB ASAM LAMBUNG BISA NAIK...?? BERIKU PENJELASAN DAN CARA MENGOBATINYA,,,,,


Asam lambung menurut dunia medis adalah senyawa yang memiliki rumus kimia HCl atau asam klorida. Senyawa ini biasanya bersifat asam serta kadar HCl yang ada didalamnya sekitar 0, 5 % dari total getah lambung. HCl ini berfungsi sebagai pembunuh kuman atau biasa disebut disinfektan, serta berfungsi mengubah pepsinogen menjadi pepsin. HCl ini dapat berperan sebagai peransang usus, hati, serta pankreas untuk mencerna makanan. Jadi manfaat lain dari asam lambung yaitu untuk mempercepat sistem metabolisme pada air, protein, serta pepsin di dalam lambung tersebut.

Asam lambung juga berfungsi untuk mencegah bibit penyakit agar tidak berkembang pada saat dicerna bersama makanan. Pada dinding lambung ada lendir yang disebut mukus yang berfungsi melindungi lambung. Tetapi, bila jumlah lendir (mukus) terlalu sedikit, atau asam lambung terlalu banyak, jadi dapat terjadi luka pada dinding lambung. Pada keadaan seperti ini lah penyakit Maag akan terjadi, karena asam lambung sudah menyerang dinding lambung yang luka.

Baca Ini! Mengapa Asam Lambung Bisa Naik dan Pengobatannya!

Penyebab Naiknya Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau yang biasa disebut " GERD " pada umumnya disebabkan oleh tdk berfungsinya lower esophageal sphincter (LES). LES sendiri yaitu lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES ini berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka saat makanan atau minuman turun ke perut. Sesudah makanan masuk, LES akan menutup kembali, karena mencegah asam serta makanan yang ada di perut agar tidak naik kembali ke k3r*ngk*ng4n.

Jika LES menjadi longgar serta tidak menutup dengan baik, jadi asam lambung dapat keluar dari perut serta menyebabkan penyakit asam lambung (Maag). Penyebab penyakit asam lambung biasanya ada beberapa faktor seperti kelebihan berat tubuh, tengah hamil, minum alkohol, merokok dan memakan makanan yang tidak sehat serta mengandung banyak lemak.

Tanda-tanda Penyakit Asam Lambung

Gejala asam lambung umumnya yaitu seperti sensasi rasa terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati. Akibatnya, kita akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan.

Mulut serta k3r*ngk*ng4n juga akan terasa tidak enak. Kita akan mengalami rasa sakit serta kesulitan saat menelan makanan. Perawatan secara serius akan diperlukan jika gejala asam lambung di atas muncul secara terus-menerus.

Saat asam lambung naik, jaringan dinding k3r*ngk*ng4n dan mulut bakal teriritasi oleh asam lambung. Berikut


ini yaitu gejala-gejala yang paling umum dialami oleh penderita penyakit asam lambung :

Refluks asam lambung atau regurgitasi. Asam didalam perut akan kembali pada k3r*ngk*ng4n serta mulut sehingga muncul rasa asam dan pahit.
Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati. Kondisi ini dirasa pada tulang dada. Rasa nyeri akan merasa lebih kuat sesudah makan dan waktu membungkuk.
Kesulitan menelan.
Sakit di bagian tenggorokan
Mulut bakal merasa asam terus

Selain gejala yang umum diatas, terdapat beberapa gejala lain yang mungkin dihadapi karena asam lambung yang naik. Gejalanya diantaranya :
Terasa seakan-akan ada benjolan di k3r*ngk*ng4n saat menelan.
Laringitis : peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan sakit serta suara menjadi parau.
Batuk kering tanpa henti, terutama di malam hari.
Sakit dada.
Gigi menjadi rusak.
Bau napas tidak enak.
Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.

Penyakit asam lambung ringan biasanya terjadi hanya kadang-kadang sehingga tidak memerlukan penanganan medis. Ini dapat diatasi dengan merubah menu makanan serta beli obat di apotek apabila gejalanya muncul. Untuk asam lambung yang lebih parah dan sering berlangsung, baiknya menemui dokter serta tanyakan mengenai obat atau perlakuan yang lebih pas. Ingat, serta begitu utama di sini yaitu makanlah obat sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang dianjurkan Dokter anda.

Pengobatan Asam Lambung

Pengobatan penyakit asam lambung memiliki bebrapa bagian sendiri. Langkah pertama yang paling mudah untuk dilakukan yaitu dengan ganti menu makanan, yakni dengan beralih ke menu makanan yang rendah lemak serta bergizi. Kurangi merokok dan minum alkohol karena bisa memicu asam lambung anda bertambah. Namun bila masihlah gagal, terpaksa mesti memakai obat-obatan supaya rasa sakit yang dirasa cepat menyusut.

Bila langkah pengobatan yang telah dijalani masih belum sukses, jalan paling akhir adalah dengan lakukan operasi untuk kurangi asam lambung itu. Tetapi untuk pasien yang alami penyakit asam lambung dengan cara kambuhan saja, jadi cukup diberikan dosis obat untuk jangka panjang, jadi tiap-tiap penyakit asam lambungnya kambuh, langsung minum obat untuk pereda rasa sakitnya.

Untuk pengobatan alaminya, anda dapat menggunakan lidah buaya, pisang, jahe baking soda, maupun kunyit. Untuk bahan-bahan spesifik cukup direbus saja, lalu diminum airnya supaya asam lambung anda menurun. Untuk gampangnya anda dapat juga menggunakan permen karet, cukup kunyah permen karet makan mulut anda akan memproduksi banyak air liur yang berperan sebagai penetralisir asam lambung yang berlebih.
Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x