loading...

Resmi!! Bank Indonesia Siapkan Uang NKRI Baru Pada Akhir Tahun 2016. Bantu Share Ya...



Tolong Bantu ShareBank Indonesia (BI) tengah menyiapkan uang baru seri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan akan diterbitkan akhir 2016. Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan uang baru 2016 seri NKRI akan hadir dalam pecahan kertas Rp2.000 hingga Rp50.000. Seluruhnya akan menggunakan gambar pahlawan baru, sama sekali berbeda dari yang digunakan saat ini.

“Untuk semua pecahan yang sekarang belum ada seri NKRI, mulai dari Rp50.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp5.000, dan Rp2.000,” ungkap Ronald setelah acara launching Gerakan Peduli Koin di Monas, seperti dilansir laman Detik, Selasa (28/6/2016).

Meski begitu ia belum bisa memberi bocoran terkait gambar pahlawan siapa saja yang akan menjadi muka uang-uang baru tersebut sebab prosesnya masih sangat panjang dan hasil akhirnya menunggu keputusan Presiden Joko Widodo.

BI harus koordinasi sama pemerintah karena yang menetapkan gambar pahlawan di uang itu pemerintah. Nanti ditetapkan sama presiden, gambar mana yang digunakan. Cetakannya juga kami masih harus pesan. Kami targetkan terbit akhir tahun ini,” paparnya.

Selain gambar pahlawan baru, sebagaimana dikutip dari laman Metrotvnews, uang NKRI baru akan memiliki ciri khas berupa hadirnya tanda tangan Menteri Keuangan di sebelah Gubernur BI serta tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal itu sebelumnya hanya terdapat pada uang pecahan Rp100.000 yang diterbitkan pada 17 Agustus 2014 lalu.

Bukan hanya menerbitkan uang NKRI, BI juga akan menyegarkan desain uang koin atau logam. Ke depannya uang jenis itu tidak lagi menggunakan gambar flora dan fauna khas Indonesia, melainkan juga dihiasi gambar pahlawan.

“Koin pun nanti akan ada gambar pahlawannya. Pahlawan siapa nanti kita tunggu sama-sama. Sudah diajukan, akhir tahun akan kami rilis semuanya,” imbuh Ronald.



sumber : solopos.com