loading...

Bunda Mulai Sekarang Jangan Beri Air Putih Kepada Bayi Anda, Berikut Penjelasannya



Tolong Bantu ShareBeberapa besar orangtua tentu pernah memberi air putih pada anaknya yang masib berumur 0-6 bln.. Biasanya, hal semacam itu dilakukan seusai menyusui ataupun di beberapa saat yang lain. Padahal, kebiasaan ini sangatlah salah bahkan juga mebahayakan karena berisiko mengakibatkan berbagai efek kesehatan pada si bayi.

Untuk menaikkan wawasan kita, di bawah ini adalah 4 bahaya yang bakal berlangsung apabila bayi di beri air putih berdasarkan keterangan Dr. Utami Roesli, Sp. A., MBA., CIML, IBCLC, dari Sentra Laktasi Indonesia :

1. INFEKSI BAKTERI


Pemberian air putih pada bayi 0–6 bln. berisiko bikin bayiterinfeksi bakteri bila air yang dipakai tercemar.

Utami sendiri pernah memiliki pengalaman, pasiennya yang berumur sekitar 1 bulan, ibunya melaporkan bila bayinya kerap buang air besar sampai belasan bahkan juga puluhan kali dalam sehari.

Ibunya menduga anaknya mencret karena penyakit, hingga yang tadinya di beri ASI, lalu diberikan juga air putih serta susu formula.

Hasilnya bayi yang semula mencret normal malah pencernaannya terinfeksi bakteri.

Hal ini di ketahui dari feses bayi yang mengandung darah. Kemungkinan besar, infeksi ini nampak karena konsumsi air putihyang diberikan ibunya.

Apalagi bila perlengkapan minumnya tak higienis, juga cara memasaknya tak pas serta telah tercemar bakteri.


2. GANGGU OTAK BAYI


Ginjal bayi 0-6 bln. belum berfungsi dengan baik, hingga bila ia di beri air putih jadi air seni akan membawa dan elektrolit dalam darah, misalnya natrium, yang sebenarnya bermanfaat untuk badan.

Bila kekurangan zat ini, bayi berisiko alami kejang. Semakin banyak elektrolit yang “terbuang”, makin banyak risiko negatif yang bisa dialami.

Alhasil, bila bayi mengeluarkan banyak elektrolit dari seluruhnya organ badannya, baik jantung, ginjal atau paru, temasuk otak, jadi aktivitas otak bisa terganggu.

Gejalanya, dapat berbentuk suhu badan rendah sampai kejang-kejang.


3. MERUSAK GINJAL


Bahaya lain apabila bayi di beri air putih yakni merusak ginjal. Manfaat ginjal sebagai pengatur keseimbangan cairan didalam badan belumlah prima pada bayi umur 0—6 bulan.

Memanglah pada usia kehamilan 35 minggu, ginjal bayi telah terbentuk, namun belum berfungsi dengan baik.

Begitu juga sesudah bayi lahir. Walaupun bentuk ginjal telah prima. Hal semacam ini bertahan hingga umur bayi 6 bulan.

Lain perihal pada anak serta orang dewasa, ginjal telah mengatur konsumsi cairan masuk dengan yang dikeluarkan. Misal, bila banyak minum, ginjal akan mengatur hingga berkemihnya sering.

Atau ketika udara dingin, akan lebih sering buang air kecil. Sebaliknya, pada cuaca panas, kita cenderung lebih jarang buang air kecil.

Intinya, ginjal mengatur keseimbangan cairan/elektrolit dalam tubuh, semisal natrium, kalsium, serta yang lain.

Namun bila kejadiannya waktu ginjal belum prima kerjanya telah diberi air putih, badan bayi bakal kelebihan air atau “keracunan” air.

Karena air yang masuk tak dapat diseimbangkan dengan yang dikeluarkan.

4. KERACUNAN


Memang benar bayi mesti cukup minum, namun bukan minum air putih lo. Karena bayi umur 6 bulan ke bawah minum air putih malah akan merugikan si bayi tersebut.

Penelitian Dr. Jennifer Anders darijohn Hopkins Children’s Center di Baltimore Amerika Serikat menunjukkan, pemberian air padabayi dibawah enam bln. berisiko menyebabkan keracunan (intoksikasi).

Menurut Jeniffer, secara perasaanah bayi mempunyai refleks haus atau hasrat untuk minum. Karena itu, banyak orangtua yang memberi bayinya tambahan air putih terkecuali ASI.

Padahal, ginjal si kecil belum berperan dengan baik. Mengakibatkan, air putih yang diminumnya ini bisa membuat badannya melepaskan sodium (mineral yang dibutuhkan untuk sistem metabolisme badan).

Padahal, kehilangan sodium bisa merubah aktivitas otak. Ujungujungnya, bayi bakal alami gejala keracunan, salah satunya suhu badan rendah, muka membengkak serta bahkan kejang-kejang.

Karena ini, Jennifer menegaskan, bayi yang minum ASI tak perlu mengonsumsi air putih.

Untuk bayi 0—6 bln. cukup ASI. Mengingat bahaya apabila bayidiberi air putih, janganlah kerjakan ini ya Ibu.

Sekarang telah taukan bahayanya memberi air putih pada bayi, nah, mulai saat ini, stop memberi asupan yang beresiko untuk anak anda, karena sejatinya asi adalah makanan yang sempurna untuk bayi anda.



sumber : baihaki.net