loading...

Waspada Dengan Musim Penghujan Saat Ini, Karenanya Tubuh Kita Mudah Terserang Penyakit Flu DLL. Berikut Ini Cara Mengejutkan Mencegah Demam dan Flu Pada Saat Musim Penghujan


 Setelah alami periode panas selama beberapa bulan paling akhir ini, wilayah Indonesia mulai masuk masa penghujan di penghujung tahun ini. Pergantian cuaca ini tentu bisa menyebabkan munculnya beragam penyakit ringan yang bikin badan jadi tidak nyaman untuk beraktivitas sehari-hari.

Kenyataannya, bahkan juga orang-orang yang kerap membersihkan tangan serta rajin bersihkan barang-barangnya dapat dengan mudah terserang " penyakit rumah " pada musim seperti ini.

Tetapi, seberapa besar kemungkinan Anda terserang penyakit tergantung pada keadaan kesehatan Anda, bukanlah seberapa kerap Anda menggunakan pembersih tangan Anda, tetapi bukanlah berarti Anda tidak perlu waspada perihal kebersihan lingkungan Anda. Ditulis dari Huffington Post, Selasa, 18/11/2015, berikut cara-cara holistic untuk mencegah Anda terserang demam serta flu :

Meminum teh hangat

“Walapun Anda bukanlah peminum teh, coba untuk meminum satu atau dua cangkir teh hangat setiap harinya saat tengah musim penyakit demam serta flu, ” tutur jenna Gagnon, Spesialis Komunikasi untuk Aidance Skincare.

“Uap dari teh bisa merangsang cilia, yakni bulu-bulu yang ada di dalam hidung Anda. Anggaplah cilia juga sebagai alat penyaring udara untuk hidung Anda, menjaga bulu-bulu itu terus sehat serta banyak untuk mencegah kuman yang bisa membuat Anda sakit, ” lanjutnya.

Berjemur dibawah matahari

“Kita semua berpikir bahwa cuma vitamin C juga sebagai peningkat ketahanan


tubuh, tetapi riset beberapa waktu terakhir tunjukkan bahwa vitamin D juga memiliki efek yang luar biasa pada ketahanan tubuh, tutur Dr. Scott M. Schreiber, seseorang dokter chiropractic.

“ (vitamin D) menunjukkan bisa tingkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh. ” Sementara, tutur Dr. Scott, kekurangan vitamin D dikaitkan dengan munculnya penyakit auto-imun.

Tidak takut kotor

“Mengekspos diri Anda sendiri pada debu serta kotoran (serta mikro organisme) mempunyak dampak jangka panjang pada system kekebalan tubuh Anda, ” tutur Schreiber.

“Kita kerapkali takut untuk menjadi kotor, sementara kenyataannya, yang diperlihatkan oleh sebagian riset, sangatlah luar biasa berguna. ” Percaya atau tidak, imbuhnya, berlumuran lumpur tidak buruk untuk Anda.

Cukup asupan cairan
“Sebagai bagian dari keseluruhnya pola hidup sehat, sangatlah penting untuk melindungi badan supaya terus terhidrasi dengan baik, pada musim apa pun, ” tutur Direktur Medis dari Cassena Care, Dr. Joel Blass.

“Pada udara yang lebih dingin, metabolisme tubuh bertambah serta Anda cenderung hirup kelembapan semakin banyak dari biasanya, serta yaitu penting untuk kembalikan cairan tubuh Anda. ” Pada musim yang lebih dingin, kehilangan cairan cenderung bikin kering selaput lendir Anda, melemahkan pertahanan pertama badan Anda, yang pada akhirnya bikin Anda lebih gampang terserang penyakit.

Jagalah kehangatan tubuh

“Berpakaian sesuai sama keadaan musim selalu jadi pemikiran yang baik. Yaitu baik untuk kesehatan supaya melindungi tubuh terus hangat dalam udara dingin, ” tutur Blass. “Udara dingin bikin stress sistem kekebalan tubuhu, serta saat kekebalan tubuh Anda melemah jadikan Anda lebih rawan terhadap virus.

Juga, untuk beberapa orang, udara dingin berarti hidung bakal lebiih banyak keluarkan cairan. Mengusap hidung bisa tingkatkan resiko pada badan untuk terpapar penyakit-penyakit tersebut . ”