loading...

Wanita Wajib Baca...!!! " Mengerikan " Berikut Daftar Pembalut serta Pantyliner yang Mengandung Zat Berbahaya yang Di Temuan YLKI (Ayo share agar banyak wanita yang tahu)

Home KESEHATAN Wanita Wajib Baca...!!! " Mengerikan " Berikut Daftar Pembalut serta Pantyliner yang Mengandung Zat Berbahaya yang Di Temuan YLKI (Ayo share agar banyak wanita yang tahu)
Wanita Wajib Baca...!!! " Mengerikan " Berikut Daftar Pembalut serta Pantyliner yang Mengandung Zat Berbahaya yang Di Temuan YLKI (Ayo share agar banyak wanita yang tahu)

 Ocktavia Reni   18.29   KESEHATAN




Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menemukan kandungan klorin pada 9 merk pembalut serta 7 merk pantyliner yang di jual di Indonesia. Bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi serta bahkan kanker.

 " Dari 9 merk pembalut serta 7 merk pantyliner, semuanya mengandung klorin dengan rentang 5-55 ppm (part per million), " kata Ilyani S Adang, Anggota Pengurus Harian YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia), ditemui di kantornya, di Duren Tiga Jakarta Selatan, Selasa (7/7/2015).

Pada kelompok pembalut, kandungan klorin terbanyak ditemukan pada merk CHARM buatan PT Uni-Charm Indonesia dengan kandungan 54, 73 ppm. Sedang pada kelompok pantyliner, kandungan tertinggi ditemukan pada merk V Class buatan PT Softex Indonesia yaitu 14, 68 ppm.

Pada penelitian tersebut, pengambilan sampel dikerjakan di beberapa toko retail serta minimarket. Periode pengambilan sampel yaitu Desember 2014 sampai Januari 2015, sedang pengujian dilakukan di laboratorium berdiri sendiri yang terakreditasi.


YLKI mengklaim sudah kirim temuan ini ke beberapa produsen. Dari surat tanggapan yang masuk, sebagian produsen mengakui tidak tahu karena bahan yang digunakan adalah bahan impor. Sesaat PT Softex Indonesia melakukan uji lagi pada produk Softex Deluxe Maxi Wing serta Softex Ultra Maxi Wing, keduanya memberi hasil negatif. Sedang PT KAO Indonesia yang dihubungi detikHealth belum memberikan tanggapan saat di tanya tentang temuan YLKI ini.

Tulus Abadi, Ketua Harian YLKI menyebutkan SNI (Standar Nasional Indonesia) memang tidak mengatur bahwa produk-produk tersebut harus bebas klorin. Oleh karenanya, YLKI mendorong SNI agar segera mengaturnya karena klorin miliki dampak negatif untuk kesehatan organ r3produksi wanita.

Selengkapnya, di bawah ini temuan YLKI pada 9 merk pembalut serta 7 merk pantyliner yang di jual di Indonesia.

Pembalut : 

1. CHARM, PT Uni Charm Indonesia, klorin 54, 73 ppm
2. Nina Anion, PT Panca Talentamas, klorin 39, 2 ppm
3. My Lady, PT Sehat Penghargaan Perhasa, klorin 24, 44 ppm
4. VClass Ultra, PT Softex Indonesia, klorin 17, 74 ppm
5. Kotex, PT Kimberly Clark Indonesia, klorin 8, 23 ppm
6. adegan Miliknya, PT Duta multi Utari, klorin 7, 93 ppm
7. LAURIER, PT KAO Indonesia, klorin 7, 77 ppm
8. Softex, PT Softex Indonesia, klorin 7, 3 ppm
9. Sotness Standard Jumbo Pack, klorin 6, 05 ppm

Pantyliner : 

1. V Class, PT Softex Indonesia, klorin 14, 68 ppm
2. Gaya Murni, PT Uni Charm Indonesia, klorin 10, 22 ppm
3. My Lady, PT Sehat Anugerah Perkasa, klorin 9, 76 ppm
4. Kotex Segar Liners, PT Kimberly Clark Indonesia, klorin 9, 66 ppm
5. Kelembutan Panty Shields, PT Softness Indonesia Indah, klorin 9, 00 ppm
6. CareFree Superdry, Johnson & Johnson Indonesia, klorin 7, 58 ppm
7. Laurier Fit Active, PT KAO Indonesia, klorin 5, 87 ppm (up / vit)

sumber : http://www.edukasi-kesehatan.com/2016/03/wanita-wajib-baca-mengerikan-berikut.html