loading...

Inilah Makanan yang Baik bagi Kesehatan Hati



Metrotvnews. com, Jakarta : Hati adalah organ yang yang memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh.

Hati atau liver berfungsi merusak molekul hemoglobin, insulin serta hormon lain. Menghancurkan sel darah merah lama, detoksifikasi darah, menyimpan vitamin serta zat besi, dan memproduksi empedu.

Yang terpenting, hati menghilangkan semua racun pada badan. Itu berarti, hati membersihkan badan dari radikal bebas beresiko yang menyebabkan banyak kerusakan pada badan.

Namun, hati juga rentan pada kerusakan akibat faktor makanan serta lingkungan. Kesehatan hati yang jelek bisa menimbulkan banyak penyakit berbahaya.

Oleh karena itu, hati memerlukan perawatan yang baik. Salah satunya, dengan membiasakan mengonsumsi makanan sehat.

Berikut ini lima makanan serta minuman yang membantu membersihkan toksin dalam hati supaya tetap berfungsi dengan baik.

1. Bawang putih
Bawang putih yaitu salah satu bahan paling baik yang dapat digunakan untuk membersihkan hati karena memiliki allicin serta selenium yang menolong dalam membilas toksin berbahaya dari badan. Mengonsumsi beberapa siung bawang putih baik untuk badan.

2. Biji-bijian
Biji-bijian juga satu diantara makanan yang terbaik untuk hati lantaran mengandung gluten yang membantu menghilangkan racun dari badan dengan cara alami.

3. Minyak zaitun
Minyak yang dibekukan seperti minyak zaitun serta minyak biji rami menolong sistem detoksifikasi hati, hingga menyingkirkan toksin. Ini memberi badan menyedot toksin beresiko dari badan.

4. Sayuran hijau
Sayuran berwarna hijau kaya kandungan klorofil yang menolong menyingkirkan toksin dalam aliran darah. Makanan ini menetralkan logam berat, pestisida, serta bahan kimia pada badan.

5. Teh hijau
Kandungan antioksidan yang ada di teh hijau menghilangkan lemak yang terakumulasi dalam hati. Minum teh hijau setiap hari yaitu salah satu langkah terbaik menghilangkan toksin dalam tubuh. (Boldsky)