loading...

Tip Menghindari Dehidrasi saat Puasa Ramadan



Tolong Bantu Share - Puasa adalah aktivitas yang sarat dengan penguapan energi dan cairan dalam tubuh. Apalagi bila aktivitas puasa kita disertai dengan kegiatan lain semisal kerja dan sebagainya.

Maka wajar kalau jika tubuh gampang haus dan memicu dehidrasi. Dehidrasi adalah rasa haus yang berlebih ketika tubuh mengalami pengurangan cairan.

Maka dari itu perlu antisipasi agar tidak mengalami dehidrasi saat puasa. Dengan cara memperhatikan kadar cairan tubuh adalah cara yang utama.

Sehingga akan lebih mengatur asupan cairan dalam tubuh supaya cukup untuk berpuasa seharian. Perlu tips ringan yang sebaiknya menjadi perhatikan.

Perlu kita ketahui bahwa secara normal tubuh manusia idealnya perlu asupan cairan atau air sebanyak 2 liter. Untuk memenuhinya saat puasa perlu mengatur kapan minum dan berapa takaran agar kondisi cairan tercukupi.

Baiknya dengan berbuka puasa minimal segelas. Setelah makan berat minum lagi 1-2 gelas biar kuat saat salat tarawih.

Sebelum tidur usahakan minum 2 gelas agar tubuh nyaman saat tidur. Sebelum dan sesudah sahur kembali lagi minum masing-masing segelas. Kalau ditotal kurang lebih minum 8 gelas untuk mencukupi asupan cairan.

Selain dengan minum air putih yang cukup perlu minuman yang berserat atau bernutrisi seperi jus saat berbuka. Ketika sahur bisa dengan makan yang mengandung kuah dan sayur. Dengan memperhatikan pola minum yang teratur mampu mengantisipasi tubuh dari dehidrasi. (Andik)



sumber : arah.com
Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x