loading...

MENYESAL JIKA TIDAK MEMBACANYA!! ANDA SERING MENGELUH AKIBAT ASMA,SAKIT PINGGANG, WASIR, KOLESTEROL, GULA DARAH, DAN BERAT BADAN??? TENANG!! INI ADA BUAH YANG SANGAT AMPUH UNTUK MENGATASINYA!!! CATATAN : TANPA EFEK SAMPING!!




Buah Kundur atau disebut juga dengan nama Beligo atau Baligo dalam bahasa ilmiahnya di kenal dengan nama Benincasa hispida. Tumbuhan ini di tanam untuk di ambil buahnya dan dapat di makan digunakan sebagai sayuran.
Buah Kundur berbentuk bulat panjang, berdaging dengan panjang 15-20 cm berwarna hijau keputih-putihan karena tepung/bedak kapur yang dihasilkan oleh tumbuhan itu. Bijinya keras berbentuk pipih berwarna putih dengan panjang 6-7 mm, lebar 5-6 mm. Berakar tunggang yang berwarna putih kotor. buah kundur juga yaitu keluarga labu yang lebih sering jadikan sayur daripada bahan makanan pokok. Umumnya orang Indonesia juga suka membuatnya manisan.
Selain digunakan sebagai bahan pembuatan sayur dan manisan, nyatanya buah kundur bisa pula digunakan sebagai minuman, yaitu melalui cara mengambil ekstrak buah kundur sebagai jus. Dibawah ini beberapa manfaat dan khasiat buah kundur untuk kesehatan tubuh :

1. Turunkan kemungkinan kanker
Salah satu kelebihan buah kundur yakni dengan terkandungn vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan alami pada tubuh. Manfaat vitamin C dalam buah kundur bermanfaat untuk membantu mencegah radikal bebas yang meningkatkan kemungkinan perubahan kanker.

2. Mengatasi sembelit
Kandungan air dalam buah kundur bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan dengan membuat lancar gerakan makanan dalam usus, hingga akan dibuang dari tubuh berbentuk tinj4.

3. Menyingkirkan racun dalam tubuh
Mengkonsumsi jus buah kundur dapat membantu tubuh menetralisir kandungan racun pada tubuh, yang terbawa oleh makanan, minuman ataupun udara yang kita hirup.

4. Mengobati asma
Buah kundur memiliki karakter balancing vata, pitta dan kapha (keseimbangan tridosha). Karena karakter ini membantu tubuh untuk memperoleh sensasi dingin pada tubuh. Hal semacam ini dapat berguna untuk mengobati asma.


5. Mengatasi insomnia
Seorang yang diserang insomnia bisa karena oleh bermacam alasan seperti stres, beban kerja, ketegangan, maupun alasan yang lain. manfaat dan khasiat buah kundur yang dikonsumsi secara teratur dapat mengatasi permasalahan itu.

6. Menyehatkan organ ginjal
Beberapa peneliti dari Institute of Feed and Food, Jiangsu Academy of Agriculture Science, China menyebutkan bahwa jus dan ekstrak buah kundur, bisa dibuktikan memperlancar buang air kecil. Hal semacam ini akan kurangi persentase rusaknya ginjal dan turunkan kandungan kreatinin dengan cara penting.

7. Turunkan kolesterol
Kolesterol yakni metabolit yang mempunyai kandungan lemak sterol pada membran sel yang disirkulasikan dalam darah. Buah kundur mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, namun tingkat kandungan kalori di dalamnya cocok rendah. Kandungan serat berperan untuk membantu penyerapan karbohidrat dan lemak pada tubuh, serta membantu pembuangan sisa-sisa zat makanan yang telah diserap tubuh berbentuk tinj4.

8. Turunkan gula darah
Buah kundur, dapat turunkan kandungan gula dalam darah pada pasien pasien diabetes melitus. Penurunan kandungan gula karena oleh menyusutnya jumlah karbohidrat yang diserap oleh tubuh, serta ada penambahan reaktivitas insulin yang berlangsung disebabkan fitokimia yang ada pada kundur.

9. Turunkan berat tubuh
Buah kundur memiliki kandungan kalori yang pas rendah. Dari 100 gr sajian hanya menyumbangkan 13 kcal kalori. Oleh karena itu beberapa ahli diet sangat merekomendasikan buah kundur untuk program penurunan berat tubuh.

10. Baik untuk pernapasan dan paru-paru
Buah kundur di Filipina dimasak oleh orang-orang untuk di buat jadi sebagai sirup dan obat yang digunakan untuk masalah pernapasan dan paru-paru. Airnya juga digunakan untuk obat bersihkan mata yang memerah dan bengkak.

11. Lemah limfa
Untuk anda pasien lemah limfa, anda dapat menggunakan daging buah kundur sebagai obatnya.

12 Obat sakit pinggang
Untuk anda yang mengalami sakit pinggang, nyatanya buah kundur bisa pula digunakan sebagai obatna, dengan membuatnya jus buah kundur.

13. Mengobati kencing manis dan wasir
Sebagian besar orang-orang cina, selain menggunakan buah kundur sebagai obat demam, mereka juga memakainya sebagai obat waktu susah buang air kecil, kencing manis, dan wasir.
Mudah-mudahan info tentang manfaat dan khasiat buah kundur ini berguna ya..