loading...

Kalian Pasti Banyak Yang Belum Tahu Mengenai Manfaat Bunga Kecombrang, Baca Artikel Di Bawah Ini Tentang Manfaat Bunga Kecombrang Berdasarkan Hasil Riset ITB


Siapa yang tidak tahu kecombrang? Tanaman ini adalah jenis tanaman rempah-rempahan yang mempunyai nama latin Etligera elatior. Kecombrang memiliki warna merah yang cerah dengan tinggi pohon mencapai 5 mtr.. Tanaman ini mempunyai kemiripan dengan tanaman jahe atau lengkuas saat telah tua. Daunnya tersusun berselang-seling dalam satu batang. Bunga kecombrang berupa seperti gasing serta bertangkai, dilengkapi juga dengan daun yang melindunginya berwarna sama. Kecombrang juga mempunyai buah yang berbongkol serupa buah kelapa sawit, berupa bulat dengan rambut halus dibagian luarnya serta berwarna saat telah masak.

Kecombrang adalah tanaman asli Indonesia yang telah mulai sejak dahulu dijadikan juga sebagai rempah-rempah bumbu masakan khas nusantara. Di daerah Jawa barat, kuntum kecombrang dimasak serta jadikan lalapan dengan ditemani sambal serta sepiring nasi putih. Sedang di Banyumas, Jawa Tengah kecombrang jadikan pecel lewat cara dikukus serta ada banyak lagi masakan khas nusantara yang memiliki bahan dasar kecombrang. Selain juga sebagai bumbu masakan, kecombrang dapat juga jadikan juga sebagai sabun lewat cara di memarkan dulu batang kecombrang hingga keluar busa, busa itu berbau


harum serta dapat langsung kita pakai juga sebagai sabun. Diluar itu, kecombrang dapat juga jadikan juga sebagai obat.

Manfaat Bunga Kecombrang
Bunga kecombrang mempunyai kandungan zat aktif flavonida, saponin, fenolik, alkaloid, tannin, triterpenoid, glikosa, steroid serta polifenol yang baik untuk menyingkirkan bau tidak sedap pada badan, membersihkan darah, serta perbanyak ASI waktu saat menyusui. Diluar itu, bunga kecombrang juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, antimikroba, vitamin serta mineral yang sangatlah berguna untuk tubuh kita.

Menurut riset di ITB, minyak yang dihasilkan dari ekstraksi biji kecombrang mempunyai karakter serupa dengan minyak tanah, serta sudah diuji dengan memakai lampu templek dengan isi minyak kecombrang di hasilkan nyala api yang bagus dari minyak tanah. Jadi minyak dari biji kecombrang bisa jadikan sumber energy alternative pengganti minyak tanah.

Langkah bikin sambal kecombrang

Nah, untuk Anda yang penggemar kuliner sambal. Di bawah ini ada resep bikin sambal dari kecombrang.

Bahan :

3 buah cabai rawit hijau
1 sdt terasi matang
5 buah cabai merah
1 sdt garam
1 sdt gula merah yang disisir
1 batang kecombrang yang diiris halus lalu disisihkan

Langkah bikin :

Masukan seluruhnya bahan terkecuali kecombrang ke cobek, lantas gerus atau huleg hingga halus.
Kemudian masukan kecombrang yang telah diiris halus tadi, huleg kasar janganlah halus-halus.
Hidangkan dalam wadah yang sebelumnya telah disediakan.
Siap untuk disantap.

Itu tadi sebagian kajian tentang Manfaat bunga kecombrang. Mudah-mudahan membantu ya!

http://breaking-news564.blogspot.com/2015/11/kalian-pasti-banyak-yang-belum-tahu.html
Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x