loading...

MESKIPUN Kaya Manfaat Namun 5 Bagian Sayur Ini Justru Sering Terbuang


Tanpa disadari saat mengolah makanan kita sering kali hanya menggunakan bagian yang pada umumnya dikonsumsi. Padahal, ada beberapa bagian sayuran atau buah yang bisa dimanfaatkan lebih jauh.

Berikut aneka bagian yang sering dibuang namun sesungguhnya kaya vitamin dan asam amino serta baik untuk jantung seperti diungkapkan direktur nutrisi olahraga University of Pittsburgh Medical Center, Leslie Bonci, dilansir dari laman Men's Health, Senin (29/6/2015).

1. Biji melon

Saat membelah melon, di tengah-tengahnya terdapat biji-bijian yang biasa kita singkirkan. Padahal biji ini kaya protein, serat, Vitamin E, dan magnesium seperti diungkapkan Bonci.

Cara makan: panggang dalam oven dan beri minyak zaitun. Ini akan jadi camilan penuh nutrisi.

2. Kulit bawang bombai

Kulit bawang bombai mengandung quercetin yakni sebauh senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mendukung sistem kekebalan tubuh seperti diungkapkan Bonci.

Cara makan: Masukkan kulit bawang bombai bersih ke dalam masakan, ambil sebelum disajikan.

3. Bagian putih semangka

Jangan hanya makan bagian merah atau kuning daging semangka, bagian putih yang berbatasan dengan kulit sebaiknya juga dikonsumsi. Bagian ini mengandung citrulline asam amino yang dapat membantu meningkatkan aliran darah.

Cara makan: Meski tak ada rasanya, bagian ini bisa langsung dikonsumsi saat makan semangka. Bisa juga Anda mengolahnya menjadi jus semangka dengan menambahkan stroberi dan jus jeruk.

4. Daun brokoli

Bonci mengungkapkan, daun brokoli yang berwarna hijau ini kaya Vitamin A, C, dan kalsium.

Cara makan: masukkan ke dalam menu masakan Anda bersama bagian lain brokoli.

5. Kulit jeruk

Tak cuma beraroma segar, kulit jeruk juga baik untuk sistem pencernaan dan kaya Vitamin C.

Cara makan: Gunakan parutan keju untuk memanfaatkan bagian kulit terluar jeruk. Parut tipis-tipis, tambahkan pada menu berbahan ikan atau ayam.

Sumber : Liputan6.com