loading...

Biar Nggak Gampang Sakit, Lakukan Ini Sebelum Tidur Malam



 
Ingin tubuh selalu fit dan nggak gampang jatuh sakit? Salah satu kuncinya adalah memiliki kualitas tidur yang baik. Tak hanya mendapatkan jam tidur yang cukup, tapi juga melakukan "ritual" sebelum tidur yang tepat.


Dilansir dari huffingtonpost.com, ada sejumlah hal yang perlu kamu lakukan sebelum tidur malam. Ada 10 ritual sebelum tidur yang kamu pilih. Saat kamu bisa melakukannya dengan teratur, bukan hal mustahil kamu akan jadi lebih sehat dan nggak gampang terserang penyakit. Yuk, ikuti infonya di sini.

1. Mandi
Suhu tubuh sangat penting untuk mendapatkan tidur nyenyak. Mandi air hangat misalnya bisa membuatmu merasa lebih relaks dan tidur jadi lebih lelap.

2. Meditasi
Meditasi atau sekadar latihan pernapasan ringan sangat membantumu untuk tidur nyenyak.

3. Menulis Buku Harian
Susah tidur? Coba menulis di buku harian. Penelitian menunjukkan bahwa menulis bisa merilekskan tubuh dan pikiran. Dan tidur pun jadi lebih nyenyak.

4. Minum air putih
Cukup minum segelas air putih biasa sebelum tidur. Cara ini bisa membuatmu terhindar dari dehidrasi.

5. Gosok gigi
American Dental Association merekomendasikan gosok gigi dua kali sehari. Tujuannya jelas untuk mencegah penumpukan plak dan bakteri gigi.

6. Olahraga
Olahraga ringan ternyata bisa membantumu tidur malam lebih nyenyak. Pilihan olahraganya cukup yang ringan saja, seperti jalan kaki santai.

 7. Matikan gadget
Sebelum tidur, matikan semua gadgetmu, Ladies. Pokoknya jangan beraktivitas dengan menggunakan gadget sebelum tidur. Karena sinar biru monitor gadget bisa mengganggu siklus tidurmu.

8. Makan Sehat
Makan buah di malam hari bisa membantumu dapatkan kualitas tidur yang baik. Asal jangan makan berlebihan atau mengonsumsi makanan yang terlalu berat dalam rentang waktu 3 jam sebelum tidur.

9. Tidur dengan Hewan Peliharaan
Kalau kamu nggak punya alergi atau masalah dengan bulu kucing atau hewan peliharaan, kamu bisa pertimbangkan tidur dengannya di malam hari. Tidur dengan hewan peliharaan menurut sebuah penelitian baru dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur.

10. Pasang Alarm
National Sleep Foundation merekomendasikan tidur tujuh sampai sembilan jam per malam. Kamu bisa sesuaikan dengan jamnya dengan kebutuhanmu.


Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x