loading...

Coba Nih Cek, Berapa THR yang Akan Kamu Dapatkan Berdasarkan Usia Kamu



Tolong Bantu ShareApa sih yang muncul di otak kamu kalo denger kata hari raya? Makanan enak, libur, film spesial liburan, ketemu sodara-sodara, dan yang terakhir, uang. THR cuy!

Tunjangan Hari Raya, adalah suntikan dana yang selalu dinantikan kehadirannya. Duh, udah ngiler duluan deh kalo denger kata THR. Belom dipegang aja nih uangnya, udah kebayang-bayang aja gitu apa yang mau dibeli. Nah, beda umur, beda juga sumber THR dan pelampiasan yang bisa dilakukan dengan THR. Nih MBDC kasih penjelasannya, tingkatan THR berdasarkan usia.

1. Di bawah umur 5 tahun

Umur segini belum ngerti-ngerti banget uang itu apa. Belom ngeh juga kalo uang itu sangat berharga. Biasanya, kalo balita gini dari satu orang bisa dapet 2 ribu sampe 5 ribu. Yang ngasih tuh biasanya om, pak de, tante, nenek, ya anggota keluarga besar lah.

Terus ke mana larinya uang THR balita? Wah namanya juga masih kecil ya. Palingan tu duit diremes-remes, terus ilang entah ke mana. Kalo yang udah agak gedean dan udah ngerti jajan, beuh. Pasti pengen jajan ke warung atau minimarket. Karena masih kecil ini juga balita tuh masih gampang diboongin, makanya duitnya suka tau-tau dikasih ke kakaknya, atau malah ditilep sama mamanya sendiri. Huft. Kecian ya.

2. Umur 6 - 12 tahun

Umur-umur sekolah gini udah ngerti nih apa yang dia mau. Biasanya karena udah cukup besar, dikasihnya juga lumayan, yaitu 10 ribu sampe 50 ribu lah dari satu orang. Cuma, karena udah ngerti, ya cepet abis juga tuh uangnya. Biasanya sih dibeliin mainan kayak Barbie, robot-robotan, pistol-pistolan, ya yang gitu-gitu deh. Atau bisa juga dihabiskan di rental PS atau pun warnet. Karena jaman sekarang umuran segitu udah pegang henpon, pasti ada deh budget dari THR mereka untuk beli pulsa.

3. Umur 13 - 18 tahun

Di umur tanggung begini, semangat remaja masih sangat bergejolak dan masih BM alias banyak mau. Pengen ini itu udah kepikiran deh sebelom berangkat ke rumah nenek. Biasanya, umuran remaja gini bisa dapet 50-100 ribu dari satu orang doang. Wow! Fantastis banget jumlah yang bisa didapatkan. Makanya duitnya tuh biasanya abis untuk menunjang kehidupan remaja, kayak pergi ke bioskop, jalan-jalan ke tempat rekreasi atau kolam renang, beli gadget, beli pulsa, beli paket data, belanja baju, sepatu, tas, aksesoris, bahkan sampe bayar hutang! Pelik banget ya kehidupan remaja.

4. 19-25 tahun

Wajarnya, usia segini udah kuliah atau malah udah punya penghasilan sendiri. Entah itu proyekan, jadi freelancer, atau malah kerja beneran. Udah gede lah itungannya. Udah dewasa. Nah biasanya THR-nya udah gak seintensif dulu karena diangap udah besar. Jadi kalo dari sodara sih udah gak dikasih, dan kalo dari kantor bisa sekitar 300 ribuan hingga 1 kali gaji lah. Cuma ya gitu, karena udah gede, keperluannya juga banyak. Akhirnya THR-nya abis juga untuk keperluan seperti bayar cicilan, liburan ke luar kota, kalo udah nikah ngasih juga untuk istri dan anak kalo udah punya, dan ngasih THR lagi ke sodara-sodara yang masih pada kecil.

5. Di atas 26 tahun

Bukan udah besar lagi, tapi umur segini sih udah tua. Udah makin banyak lagi kewajiban yang harus dipenuhi. Pada akhirnya, THR yang didapatkan pun istilahnya cuma 'numpang lewat' karena ujung-ujungnya akan disalurkan juga ke tangan lain. Nominal yang didapet sih lumayan besar, bisa 1 kali gaji plus bonus-bonus gitu (kalo ada). Tapi ya gitu, abis juga untuk bayar cicilan ini itu. Cicilan kartu kredit lah, cicilan mobil, cicilan motor, cicilan rumah, dan cicilan-cicilan yang lainnya. Belom lagi kalo udah nikah. Abis deh tuh buat keperluan rumah tangga. Kalo ada yang bocor, harus dibetulin. Kalo ada perabot yang rusak kan juga butuh diservis. Udah gitu ngasih lagi juga tuh THR ke asisten rumah tangga, sopir, tukang kebon, tukang sampah, atau siapapun yang selama ini udah membantu. Dan kalo udah punya anak?? Beuh. Ya abis deh udah untuk keperluan anak.

Enak sih dapet THR, tapi kok cepet abis ya? Yah namanya juga manusia, tau bakal dapet duit nih, langsung deh pikirannya melayang-layang ngebayangin pengen ini pengen itu. Paling asik kayaknya waktu kecil deh ya, waktu belum banyak pikiran dan belom banyak tanggungan. Kalo udah gede rempong! Biasanya berapa lama sih tuh THR kamu mampu bertahan gak kamu pake?



sumber : malesbanget.com