loading...

Masya Allah! Ternyata Tidak Semua Mukenah Bisa Dapat Dipakai Shalat! Cek Mukenah Anda!



Tolong Bantu ShareMukenah. Benda yang telah tidak asing lagi untuk kita semuanya terlebih untuk kaum wanita. Mukenah biasa dipakai untuk shalat. Sekarang ini mukenah mempunyai beragam jenis varian hingga terlihat cantik serta fashionable tetapi tahukah kita? kalau terdapat banyak mukenah yang tidak bisa dipergunakan untuk shalat terlebih shalat di masjid.

Mukenah dengan warna-warni cantik bercahaya serta berbagai motif seperti bunga, polkadot, serta yang lain bisa mengundang perhatian orang lain. Nabi Muhammad SAW mengingatkan kita untuk menghindari baju yang bisa mengundang perhatian orang lain. Beliau bersaba :
“Siapa yang menggunakan baju syuhrah didunia, maka Allah bakal memberikannya baju hina pada hari kiamat. ” (Ahmad, Abu Daud, Nasai dalam Sunan Al-Kubro, serta dihasankan Al-Arnauth). “Maksud hadist, seorang tak bisa menggunakan baju yang begitu bagus serta indah, hingga mengundang perhatian beberapa orang. Atau menggunakan baju yang begitu buruk –lusuh-, hingga mengundang perhatian beberapa orang. Yang pertama, penyebabnya lantaran terlalu berlebih sesaat yang ke-2 lantaran tunjukkan sikap sangat pelit. Yang paling baik yaitu pertengahan. ” (al-Mabsuth, 30 : 268)
Ada penjelasan lagi tentang makruhnya memakai mukena yang ada gambar atau motif kepadanya.
 " Dimakruhkan sholat menggunakan pakaian/mukena yang ada gambar. " (Nihayatuzzain hlm 48)

 " Di antara kemakruhan shalat yaitu shalat yang dihadapannya ada suatu hal yang dapat jadi fokus perhatiannya seperti gambar hewan atau yang lain. Tetapi apabila gambar-gambar itu tak menarik perhatian jadi tidaklah makruh. Ini yaitu pendapat dari madzhab Malikiyah serta Syafi'iyah. " (Al Fiqh ala Madzahi al Arba'ah juz 1 hal 252)
Wallahu a'lam bishawab. Mudah-mudahan ini dapat jadi perhatian kita semuanya. Silakan diberikan supaya semakin beberapa orang yang tahu. Indahnya saling share.




sumber : redaksimuslim.com