loading...

Hal Menyeramkan Ini Bisa Terjadi Kalau Kamu Gak Cuci Muka Setiap Malam



Tolong Bantu ShareSemua cewek pasti setuju dong kalau menjaga kesehatan wajah termasuk mencuci muka pada malam hari sebelum tidur adalah wajib hukumnya. Masalahnya, banyak efek negatif yang bakal kamu alami kalau kamu melalaikan rutinitas cuci muka di malam hari ini. Waduh, apa aja tuh?

1. Jarang cuci muka di malam hari bisa bikin jerawat nongol dengan bebasnya.

Efek yang paling pasti terjadi ketika kamu gak cuci muka padahal seharian pakaimakeup adalah jerawat yang datang menghampiri. Makeup yang memenuhi wajah seharian harus dibersihkan sesegara mungkin, kalau gak sisa kotoran bakalan terus menempel dan berakhir menjadi jerawat.

2. Ruam kulit juga berpotensi besar menyerangmu lho.

Gak cuma jerawat, tapi ruam kulit kemerahan pun bisa juga terjadi. Ini biasanya terjadi lantaran kulitmu mengalami iritasi make up yang bercampur dengan debu dan kotoran.

3. Kulit wajahmu juga akan terasa gatal-gatal lantaran debu yang menempel di wajah seharian.

Efek dari ruam kulit diatas adalah rasa panas dan gatal yang dirasakan di sekitar wajah. Ini bakalan bikin kamu gak nyaman banget deh!

4. Regenerasi kulit terhalang, alhasil pori-pori kulit di wajah pun tersumbat.

Pada malam hari, kulit akan mengalami regenerasi sel dengan optimal. Sayangnya, proses ini gak akan mulus berjalan apabila kulit wajahmu masih terkotori oleh debu dan makeup. Akibatnya, pori-pori wajah akan tersumbat dan inilah yang menjadi pemicu flek serta komedo.

5. Gak cuma itu, kulit wajahmu pun akan tampak jauh lebih kusam.

Flek, jerawat, dan komedo adalah tiga hal menjengkelkan yang akan terjadi saat kamu malas cuci muka. Tapi ternyata, ada efek lain yang gak kalah bikin bete, yaitu kulitmu bakal terlihat jauh lebih kusam. Kulit akan jauh lebih gelap, kusam dan bersisik lantaran regenerasi sel kulit terganggu.

6. Meski usiamu masih muda, jarang cuci muka di malam hari juga bisa membuatmu mengalami keriput dini.

Kulit wajah yang harusnya belum waktunya keriput, akan tampak keriput. Garis-garis halus di sekitar wajah akan tampak karena efek radikal bebas. Gak hanya itu, kotoran yang menempel di kulit bakalan memicu kerusakan kolagen di kulit yang berefek menimbulkan kerutan di wajah.

7. Wajahmu juga akan tampak menua.

Siapa sih yang pingin wajahnya kelihatan lebih tua? Pastinya kamu gak mau dong! Tapi kalau gak membersihkan muka di malam hari, penuaan dini akan berpotensi menyerangmu lho! Makeup yang menumpuk terlalu lama di kulit inilah yang menjadi biang kerok utama penuaan dini di kulit wajah.

8. Dampaknya gak hanya ke kulit, mata pun bisa teriritasi lantaran bagian wajah jarang dibersihkan.

Gak membersihkan debu dan makeup di sekitar wajah ternyata juga berdampak pada area sekitar mata. Maskara, eyeliner, eyeshadow dan sejenisnya yang gak dibersihkan bisa luntur ke area mata saat kamu tidur. Alhasil, iritasi di bagian mata pun gak terelakkan.

9. Dan terakhir, ancaman demam pun bisa terjadi padamu kalau hal ini terus menerus dibiarkan.

Kalau kotoran yang menumpuk dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu yang lama, demam juga bisa menyerangmu lho! Demam ini adalah efek dari ruam kulit, flek serta gatal-gatal yang terjadi di sekitar wajah sehingga menyebabkan infeksi.

Nah lo, gak mau kan terlanjur berefek negatif kayak gini? So, mulai sekarang rajin-rajinlah cuci muka sebelum tidur ya!



sumber : sosialmagz.com