loading...

Cara Memotong Kuku yang Baik Menurut Islam


Tolong Bantu Share - Penelitian-penelitian kedokteran mengungkapkan kepada kita bahwa kuku yang panjang dapat mengundang penyakit, karena jutaan kuman akan bersarang di bawahnya.

Penemuan ini menjelaskan kepada manusia sebagian hikmah di balik hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yaitu hadits tentang sunnah-sunnah fithrah yang diwasiatkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam kepada manusia. 

Hadits ini adalah pondasi kebersihan individu. Hari yang baik buat potong kuku itu hari Senin, Kamis, dan Jum’at. Kenapa??Karena yang sering digunakan untuk ibadah sunnah adalah hari-hari itu. Dan adapun tata cara atau urutan memotong kukunya sebagai berikut:

Tangan

1. Mulai dari Jari Telunjuk tangan kanan. 2. Jari Tengah tangan kanan 3. Jari Manis tangan kanan 4. Jari Kelingking tangan kanan (Tinggalkan Ibu Jari tangan kanan) 5. Jari Kelingking tangan kiri 6. Jari Manis tangan kiri 7. Jari Tengah tangan kiri 8. Jari Telunjuk tangan kiri 9. Ibu Jari tangan kiri 10. Ibu Jari tangan kanan

Kaki

Mulai dari kanan, lanjut sebelah kiri yaitu kelingking kiri. Mulai dari Kelingking Kanan dan bergerak ke jari-jari lain di sebelah kiri jari kelingking kanan . Menurut Imam Syafi’i Sunnah memotong kuku sebelum mengerjakan shalat Jum’at sepertimana disunatkan mandi, bersiwak, bercukur, berharuman, berpakaian bersih dan apik sebelum ke mesjid. Wallahu a’lam bissawab. semoga bermanfaat bagi kita semua. (eramuslim)








Sumber : muslimahcorner.com
Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x