loading...

Heboooh ...!!! Saksikan Gerhana Bulan Malam Nanti, Ini Waktunya Tolong Bagikan ..

                                          SELAMAT DATANG DI MEDIAONLINE69
Gerhana bln. penumbra akan terjadi pada petang nanti. Fenomena alam ini bisa dilihat dari wilayah Indonesia.

Gerana bln. penumbra terjadi jika semua atau beberapa permukaan bln. masuk pada bayangan penumbra bumi. Artinya, saat gerhana bln. penumbra terjadi, bln. melewati lokasi bayangan bumi yang masih ada sinar.

Pada gerhana yang terjadi pada Rabu 23 Maret 2016 ini, bln. masih bisa tampak dengan mata telanjang ataupun kamera serta teleskop, namun dengan sinar yang sedikit redup. Lihat gambar berikut :
Saksikan Gerhana Bulan Malam Nanti, Ini Waktunya
Saksikan Gerhana Bln. Malam Nanti, Ini Waktunya

Menurut perhitungan dari Badan Meteorologi Klimatologi serta Geofisika (BMKG), gerhana bln. penumbra bakal mulai berlangsung pada jam 16. 36 WIB. Puncak gerhana terjadi pada jam 18. 47 WIB dan baru selesai pada jam 20. 57 WIB.

Seluruh proses gerhana bln. penumbra ini akan dapat dilihat di wilayah Indonesia sisi timur, terutama di Papua dan Maluku. Sementara, untuk bagian tengah dan barat, gerhana ini terjadi saat bln. terbit.

Gerhana bln. penumbra malam nanti merupakan anggota ke 18 dari 73 gerhana dalam Seri Saros 142. Seri Saros 142 terbagi dalam 31 gerhana penumbra, 16 gerhana beberapa dan 26 gerhana total. (Ism, Sumber : bmkg. go. id)
Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x